Pengalaman Sidang Tilang Jalur Busway Jakarta Barat

Surat Tilang

Sekitar dua minggu yang lalu (2/2/2015) saya kena tilang karena dituduh masuk ke jalur busway, walaupun hanya sedikit karena ingin muter arah. Tapi kalau polisi sudah kekeh, ya saya tidak bisa beralasan.

Singkat cerita, ditilanglah saya dan sidang hari ini (13/2/2015). Selain saya, banyak juga yang terkena tilang saat itu di Jalan Panjang, Pengumben, Jakarta barat; dan mereka terkejut mengetahui denda maksimal yang cukup besar harus dibayarkan ke pengadilan.

Sebelumnya, saya mengetahui kabar bahwa denda untuk motor yang melintas di jalur busway adalah 500 ribu Rupiah, sedangkan mobil 1 juta Rupiah.

Hanya saja, kenyataanya untuk saat ini, saya melihat denda maksimal untuk pelanggar jalur busway untuk motor di slip tilang hanya 250 ribu Rupiah.

Banyak calo

Celingak-celinguk sambil mengendarai motor, ketika saya hampir sampai di lokasi sidang tilang, Pengadilan Negeri Jakarta Barat, saya langsung disapa oleh seseorang.

"Mas, parkir di sini saja," ujarnya sambil nunjuk ke arah tempat parkir.

"Yang bener mas parkir di sini?" saya bertanya.

"Nanti saya ditilang lagi kalau parkir di sini. Nggak ah."

"Nggak apa mas, mau ke pengadilan kan? Sini saya urusin," kata pria yang ternyata adalah calo.

"Terima kasih pak, saya mau urus sendiri saja."

"Kalau mau urus sendiri, parkirnya di sana mas," kata calo setelah mendengar jawaban saya seperti itu, sambil ngusir saya dan menunjuk ke arah pengadilan yang ternyata masih jauh.

"Kampret juga nih orang," ucap saya dalam hati.

Ternyata saat saya masuk area parkir, masih banyak calo yang nawarin jasa. Saya sih nggak deh menggunakan calo, mending urus sendiri saja. Setidaknya, selama ini saya belum pernah ikut sidang tilang, jadi ingin tahu saja prosesnya seperti apa.

Menyerahkan surat tilang

Singkatnya, saya sudah sampai ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Bingung juga harus ngapain hingga ada staf yang memberitahu jika ingin ngurus tilang, serahkan surat tilangnya ke ruang administrasi, setelah itu tinggal tunggu di panggil di atas.

Surat Tilang Merah

Ada dua ruang sidang yang berbeda yaitu sidang tilang bagi pengendara yang ditahan SIM-nya dan pengendara yang ditilang STNK-nya. Saya sendiri termasuk yang ditahan SIM-nya.

Menunggunya tidak lama, mungkin hanya sekitar 15 menitan.

Sidang tilang

Setelah dipanggil, saya pun masuk ke dalam ruangan sidang. Nah, di sini kocak deh. Ketika putusan hakim dibacakan, para pelangar lalulintas termasuk saya terkejut dengan denda bernilai tinggi yang diberikan oleh hakim.

"Tiga ratus ribu," ucap hakim.

"Waduh, kena tilang apaan tuh?" tanya seorang pria yang sedang duduk menunggu putusan.

"Jalur busway pak," jawabnya dengan ekspresi lemas.

Saya pun ngobrol dengan salah seorang yang sedang menunggu mengenai kaskus tilangnya. ia mengungkapkan bahwa ia tertangkap ketika ada razia helm, dan denda yang ia bayar saat itu hanay 50 ribu Rupiah.

"Lima ratus ribu," ucap hakim sambil ngegetok palu.

"Wah, apaan itu mahal banget lima ratus ribu," saya terkejut, kemudian mikir, "Kira-kira saya kena berapa ya? Semoga tidak lebih dari 250 ribu Rupiah."

Tidak lama setelah menunggu sambil duduk di kursi yang mulai kosong. Putusan untuk saya pun dibacakan oleh hakim.

"Fakry Naras Wahidi, 200 ribu Rupiah."

Tidak ada pertanyaan apa-apa dari hakim yang mungkin bisa meringankan denda yang nantinya saya bayarkan.

"Ternyata segitu saja. Syukurlah tidak sampai 500 ribu Rupiah," ucap saya dalam ahti sambil tersenyum.

Tapi ya penyesalan juga. Tetap saja kehilangan 200 ribu Rupiah.

Mungkin harga denda yang diputuskan hakin bisa berbeda-beda dari denda maksimalnya. Hanya saja yang pasti, dendanya lebih murah dari denda maksimal.

Bayar denda

Saya pun langsung menuju ke kasir untuk bayar denda sekaligus mengambil SIM yang disita. Ketika saya bayar, ada biaya tambahan selain yang disebutkan hakim yaitu 1000 Rupiah saja. Jadi saya bayar denda di kasir seharga 201 ribu Rupiah.

Selesai sudah sidang tilang saya hari ini. Ternyata ngurus tilang tidak lama kok. Saya datang ke pengadilan sekitar jam 9 pagi dan semua proses dari awal hingga akhir rampung sekitar setengah jam.

Surat tilang slip biru

Oh iya, saya juga melihat orang yang membawa slip biru tilang. Katanya, kalau pelanggar meminta slip biru maka cukup dengan bayar denda maksimal di Bank BRI, maka masalah selesai. Ternyata tidak seperti itu. Bayar sih tetap bayar, tapi pelanggar dengan slip biru tetap saja harus ikutan sidang tilang.

Perbedaannya, kalau slip merah itu sidang dan bayar di pengadilan, sedangkan slip biru bayar di Bank BRI terdekat, harus sidang juga di pengadilan dan diakhiri dengan menerima uang kembali dari kasir dengan jumlah berupa selisih dari denda maksimal dikurangi denda putusan hakim. Selain itu, ketika menyerahkan slip biru ke administrasi pun harus disertakan bukti pembayarannya. Ribet kan.

Saya menyimpulkan bahwa slip biru malah lebih repot dari yang merah. Standarnya, polisi akan memberikan slip merah, tapi bisa memberikan slip biru apabila pelangar memintanya. Saran saya, lebih baik anda terima saja slip merah, lebih praktis.

***

Itulah pengalaman saya setelah menjalali proses sidang tilang jalur busway di Pengadilan jakarta Barat.

Pesan saya, berkendaralah sesuai dengan aturan. Perhatikan rambu dan jalan yang anda lewati. Jangan lengah! Jangan sampai ditilang, karena sidang itu sebenarnya buang-buang waktu (walaupun sebentar). Dan apabila anda ingin cepat saat sidang, datanglah pagi hari yaitu antara jam 8 hingga 9 pagi.

Namun, jangan takut apabila ditilang dan minta damai. Karena prosesnya tidak sulit dan lama kok. Jadi tidak perlu nyogok polisi. Jalani saya proses sidang, toh sedikit banyak anda telah melanggar peraturan lalu lintas.

Komentar

  1. Suwe. Pengalaman ane masuk busway kena 200 ribu. Des 2015. Padahal biasany polisi ngijinin masuk jalur busway kalo pagi hari.
    Awas jebakan betmen.

    BalasHapus
  2. baru kena td, sip 200 rebong yah.
    msh aman

    khilaf jg saya td maen masuk aja

    BalasHapus
  3. Apesss siap2 200rb nihhhh...mgkin bisa lebih...

    BalasHapus
  4. Siaull kena di Roxy padahal pake waze biasanya aman, ini gak ada tanda polkisnya, kayanya polkis uda pinter main waze deh hadeuyyy

    BalasHapus
  5. Hadehh. Kira kira brapa ya.. Bln ini.. Gua tilang masuk jlur busway.. Gara2 ngikutin motor di depannya.. Sialdah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benran tuh mas 200rb? soalnya nati kira" jum'at tanggal 13 saya sidang, tapi seenggaknya saya bawa lebih aja takut bayar lebih, awalnya saya syok kalo sampe kena 500rb, tapi pas mas bilang segtu hati saya lumayan lega,,,

      Hapus
    2. bener, setelah sidang bayar dendanya nggak maksimal

      Hapus
  6. sama dikasih 100 gk mau tuh polisi. pke nawar2 polisi. gak sklian aja suruh dagang klo pinter nego

    BalasHapus
  7. Mending d tilang gan, spik aja g punya uang sama sekali,minta sidang. Ini ane baru aja selesai sidang. Tempo hari masup jalur busway di manggarai, sidang di bungur. Awalnya semoet deg-degan baca pengalaman orang. Pas selesai ane kena 75.000 perek...
    O ya ane pengguna sepeda motor d jerat pasal melanggar rambu kl g slh 287 ayat 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bener gan cuma 75rb? ane jumat nanti bakalan sidang nih? ane masuk jalur busway. boleh minta sarannya ga gan? ane deg-degan kalo kena denda maksimal, kalo ga sanggup bayar denda yang diputuskan hakim gimana ya? makasih banyak sebelumnya

      Hapus
    2. Seriusan bang, ane di kenain Rp. 75.000 doang pas sidang di bungur ngambil no antri trus nunggu d panggil ga pake di bacain pasalnya langsung k loket. trus di sebutin ama loket denda yg harus di bayarin. yg penting pastiin aja dakwaan di surat tilang kena pasal 287 ayat 1 soalnya surat tilang ane kayak gitu.

      Hapus
    3. Sy jg knatilang di galur 7 nov'16 hr senin ,sidangnya di bungur hr jumat smoga tdk mahal....

      Hapus
    4. Ass,bh ente bner 75.ribu ... ane di catetannye kna pasal 287 ayat 1 karna msuk jlur busway..mudah"han bnar ya abng yg ente katakan ... trimaksih bnyk bg

      Hapus
    5. saya bawa mobil Box masuk jlur busway,dan ternyata pas saat sidang d jakarta barat,saya kena denda 400rb,suee susueeee p
      apessss....

      Hapus
  8. Wkwkw , jumat ane juga sidang ini. gara gara ngikutin depan ane. kena di oasar rumput. moga aja kena ringan

    BalasHapus
  9. ane baru kena tilang td pagi, bakal kena brp ya? sidang jumat 14-10-16 jakbar
    pasal 287 (1) BW
    ada saran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya, bawa aja uang IDR 500.000 pas menghadapi sidang. tapi sengetahuan saya sih kalau sudah sidang itu nggak kena maksimal, cuma kena IDR 250.000 :)

      Hapus
    2. denger-denger sih kalo jak-bar agak tinggi dendanya, ya paling gak, apa kata fakry naras wahid bener jg, siapin aja denda maksimal, nnti d loket keputusannya

      Hapus
  10. Denda 250 itu kendaraan apa Bang, kalo mobil brp ya...???

    BalasHapus
  11. bang saya kena di jl medan merdeka barat pake motor, kira2 kena berapa ya? sidangnya di jl bungur, padahal saya bukan orang jkt, pake motor plat bandung juga. gatau apa apaan ngikutin google maps padahal :(

    BalasHapus
  12. Saya baruuuuu aja nebus SIM saya dengan kasus sama 400rb!!!! FUCK!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasus pelanggaran jalur busway di pengadilan kena denda 400 ribu, mbak?

      Hapus
  13. Ane di kejaksaan jkt barat masuk jalur busway 300rb gan... sueee bgtt dhh

    BalasHapus
  14. Baru kena tilang di jalur busway nih gan ..ngambil desember .. Dijakbar.kira kira kena berapa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong ane baru ajja kena tilang jalur busway di jl panjang pas daerah rumah' ane di pinggir rel... Polkis nya ngumpet dibawah pohon...
      Hadeh kena brp yah... Baru pertama sidang tgl 09 Des sidang nye

      Hapus
    2. Sama dong ane baru ajja kena tilang jalur busway di jl panjang pas daerah rumah' ane di pinggir rel... Polkis nya ngumpet dibawah pohon...
      Hadeh kena brp yah... Baru pertama sidang tgl 09 Des sidang nye

      Hapus
  15. baru kelar sidang kena busway sidang d pengadilan jakarta barat 201 ribu, klo di surat tilang ga d catet busway, cma ada pasal aja, bilang aj pas dtanya gara2 nerobos lampu merah, krna rata2 polisi msukin pasal tentang pelanggaran marka jalan aj, jdi bisa lbih ringan bayar dendanya

    BalasHapus
  16. baru kena tilang gan di daerah cawang masuk jalur busway kira2 denda berapa ya gan

    BalasHapus
  17. 28741 pasal apa yahh gan. Tp di tulis gede... BUSWAY

    BalasHapus
  18. gan saya di tilang jalur busway lampu merah jalan arteri yg menuju permata hijau, pas perempatan joglo situ, masuknya pengadilan mana ya? tulisan polisinya kayak ceker ayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih pengadilan jakarta barat, tq

      Hapus
    2. saya juga ketilang disitu, masuknya ke ampera

      Hapus
  19. And barusaan kena nih daerah jaksel. Masuk busway. Hadeh berapa yaak kira2

    BalasHapus
  20. Tgl 6 mau sidang ni.. Jalur busway n gk ad sim.. Kena berapa ya gan?

    BalasHapus
  21. Yang miris,,ane ga ngrsa msuk jalur busway,tau2 d berhentiin,ktanya msuk jalur busway,,pdhal ane anti msuk jalur busway..dan anehnya smua motor yg mlintas d stop..entah apa pasalnya sama atau ga..yg jlas ane ga ridho dunia akhirat..mreka boleh brkuasa d dunia seenaknya,tpi d akhirat nanti ane tagih..yg brhentiin,sma yg nyatet surat tilang..

    BalasHapus
  22. Om mw tnya sy kena tilang msuk jlur busway kertas tilang warna biru.. tpi tidak di tuliskan msuk busway gtu.. sidang tgl 24 feb 2017.. kira" kena brpa ya om denda nya.. sy tnya ke polisi yg nilang di kenakan pasal 287 (1). Dendan 75rb bner gk ya om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sih nggak yakin bakal segitu, mungkin aja bener. tapi sekadar tahu aja, denda maksimal untuk pasal tersebut adalah 500 ribu rupiah, thx :)

      Hapus
  23. Saya kena tilang masuk jalur busway di daerah station kota saya melihat ada motor yg masuk ke putaran jalur busway dan saya mengikuti dan sial nya beberapa polantas sdh berada di depan dan menilang saya ..saya di beri surat tilang warna biru dan tanggal 21 april suruh ambil SIM saya jam 8 pg ..ada yg tahu berapa bayar denda nya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. denda maksimal masuk jakur transjakarta idr 500.000. kalo bayar jalur resmi bisa lebih murah, bisa setengahnya doang :D

      Hapus
    2. kalo bayar jalur resmi bisa lebih murah, bisa setengahnya doang :D (maksud na gimana ya gan...???

      ane kena nech masuk jalur busway, gara2 ikutin motor yg di depan,....dapat slip biru, kira2 bayar brp ya

      Hapus
  24. Mau tanya gan, beda nya ikut sidang sama di lewatin tanggalnya itu gmn yah?
    Sama pasal 287 (1) itu pasal apa yah
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bedanya, kalo lewat harinya, langsung bayar dan ambil sim nya. jadi nggak ikutan sidang, pokoknya tau bayar aja dah. itu sih yang ane tau dari orang yang pernah, kalo ane blom pernah soalnya

      Hapus
    2. Saya baru kena tilang dan dikasih surat tilang biru,kata polisinya saya disuruh dateng ikut sidang.
      Kira-kira surat tilang biru kena berapa ya gan?

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Saya baru kena tilang dan mendapatkan skip biru karna masuk jalur busway kena pasal 287 itu kira2 denda berapa yah dipersidangan?
    Terima kasih

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Ane juga baru ja nebus sim, gara2 masuk jalur busway... kena pasal 287 slip biru... saran ane, lewatin aja tanggal sidang... langsung tebus di kejaksaan setempat, karena kl sdh lewat tanggal sidang, berkas dilimpahkan ke kejaksaan setempat... ane kena di warung buncit... jadi nebus di kejaksaan jaksel... tinggal ambil nomor antrian trus langsur bayar... ga da 15 menit... kena 150rb doang... alhmdulillah. ..

    BalasHapus
  29. Ane juga pernah kena denda tilang masuk jalur busway 500 ribu mobil gan,,kalau gak salah dikejaksaan jaksel waktu itu,,,tp maksimal gan gak kurang tuh,,,

    BalasHapus
  30. Saya di tilang di pasar minggu, saya heran dengan kepolisian yang minim pemikiran asal nindak yang gaada hati nuraninya. Saya ditilang di jalur busway karena saya tau ingin mengurangi kemacetan di jalan itu pukul 19.00 wib.saya kecewa atas tindakan yang tidak toleran, karena saya merasa dirugikan dengan pengendara lain yang stop di zebra cross tempat pejalan kaki tapi ga di tilang? Sedangkan saya masuk jalur busway di jam sibuk pulang kerja kok ditilang? Negara ini sudah tidak toleran dan sampai kapanpun negara ini tidak ada selesainya tentang kesakit hatian. Saya sangat sakit hati dengan pak polisi yang tidak toleran. Karena dia tidak mendidik. Tugasnya hanya menindak. Bodoh, karena dia tidak ikut berperan memajukan bangsa ini dengan mendidik dengan sikap tidak bertoleran.

    BalasHapus
  31. Abang2 ane mau tanya nih, ane kena tilang di jalur busway pasal 287 (1) dengan denda 500rb slip Biru, itu kira ane bayar brp yah? Minta infonya dong untuk kejaksaan JakSel...
    Ane butuh info kalian semua abang2...😭

    BalasHapus
  32. Ane supir taksi siang tadi kena tilang msk jalur busway di dpn trisakti arah Slipi.ngikutin kawan ane jga dy msk jalur busway,dy kena sya pn mau g mau ikutan kena krn dh keliata sm polisi yg udh nungguin di dpn.biasanya kga' ada polisi di ujung keluaran tol slipi.mereka dh nungguin siap dgn peralatan buku² tilangannya.dikasih lah sya "bon" biru sm polisi,ikut sidang di JakBar tgl 7 Sept.
    Hadeeeuuuh...

    BalasHapus
  33. Mungkin sya kurang beramal x ya ???
    Ya gpp lah...
    Tpi tumben bnr tu polisi.biasanya mereka nawarin "mau titip tilang ga ???".tpi tdi diem bae polisinya.

    BalasHapus
  34. Mau tanya Di jalur basway emng sdh ada tilang electronic bener ngk sih.

    BalasHapus
  35. Ane masuk jalur busway yang lawan arah di cideng, kena 200 ribu bayar ditempat

    BalasHapus
  36. Saya kena tilang lewat jalur busway pasal 287 1 kemaren 28 april di jl.daanmogot sebelum halte sumur bur. Sidang di jakbar. Kira2 abis berapa ya bang

    BalasHapus
  37. Saya kena tilang lewat jalur busway rawamangun, disuruh dateng ke pengadilan jaktim, kira2 kena berapa yaa gan ?

    BalasHapus
  38. 1 agustus 2019 baru pulang dari samsat daan mogot ngurus sim baru,karena sim lama dah kelewat gk di perpanjang.
    Suasana jln panjang arah permata hijau padat merayap dan saya buntutin motor depan ada kali 5 unit melintas di jalur busway dr lampu merah pos pengumben. Dan prittttt....polwan cantik pake dress namanya elvira atau bambang gk mau tau..???
    Dan SIM baru masuk dompet belum ada 30 menit.
    Udah berpindah tangan ke polwan cantik itu..di tuker ama slip biru.
    Dalam hati kenapa bukan hati ini yg di tilang..mudah mudahan sidang pada tanggal 16 agustus 2019 lancar tanpa ada embel embel 500rb.
    Ya Allah tolonglah baim semoga polisi hakim di pengadilan salah baca tuntutan..dan aku di vonis tak bersalah.yang salah polisinya nyari kesalahan masyarakat.
    Coba bayangin kalo seluruh warga +62 demo massal gk pake motor selama seminggu apa polisi gk jd pengangguran.jalanan sepi gk ada kendaraan.yg ada orang hilir mudik jalan kaki.
    Terima kasih salam kompak dan anti melanggar lalin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fish & Chips Solaria, Carrefour Lebak Bulus

Nggak Ada Plastik Nempel atau Lengket, Inilah Cara Jenius Makan Kue Keranjang

Nikmatnya Nasi Goreng Kepiting Rajungan di Solaria, AEON Mall